Sabtu, 16 April 2011

INVESTASI

Mungkin kita sering mendengar istiilah Investasi, yang mana biasa di artikan sebagai mengorbankan sesuatu dimasa sekarang,dan mengharapkan sesuatu yangg lebih baik dimasa mendatang. istilah ini hampir sama dengan "Menabung".
"Lalu sebenarnya apa definisi dari Investasi?" ,nah untuk mengetahui lebih lanjut disini akan dijelaskan lebih rinci mengenai Investasi.

Ada beberapa definisi investasi menurut para ahli,ada beberapa diantaranya :
  • James C Van Horn (1981)
    Yaitu kegiatan yang dilangsungkan dengan memanfaatkan kas pada masa sekarang ini, dengan tujuan untuk menghasilkan barang di masa yang akan datang.  
  •  Fitz Gerald (1978)
    Yaitu aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang pada saat sekarang ini. Barang modal tersebut akan menghasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.
    Fitz Gerald juga mengungkapkan bahwa investasi yaitu aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber untuk dipakai mengadakan barang. Dari modal tersebut akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang. 
Dari dua definisi diata dapat kita simpulkan mengenai investasii,yaitu suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

Ada beberapa bentuk dari investasi yang sudah tidak asing lagi bagi kita, seperti
  • Investasi tanah - diharapkan dengan bertambahnya populasi dan penggunaan tanah; harga tanah akan meningkat di masa depan.
  • Investasi pendidikan - dengan bertambahnya pengetahuan dan keahlian, diharapkan pencarian kerja dan pendapatan lebih besar. 

Fungsi umum dari investasi  adalah mendapatkan keuntungan lebih,lalu bagaimana dengan fugsi Investtasi secara ekonomi dan bagaimana perhitungannyaa? , disini akan saya jelaskan fuungsi investasiberdasarkan kurva nya .

  1. Investasi Otonom (Autonomous Investment)
Investasi otonom adalah investasi yang tidak dipengaruhi oleh adanya perubahan dalam pendapatan nasional maupun tingkat bunga. Jadi, tinggi rendahnya pendapatan nasional tidak menentukan jumlah investasi yang dilakukan oleh perusahaan.



      2.   Investasi Terpengaruh (Induced Investment)
Investasi terpengaruh adalah investasi yang didorong oleh adanya perubahan pendapatan nasional. Jika pendapatan nasional naik investasi juga akan naik, jika pendapat nasional turun maka investasi juga menurun. Peningkatan pendapatan nasional diikuti kenaikan investasi karena kenaikan pendapatan nasional akan membawa serta kenaikan konsumsi, sehingga produksi dan investasi juga bertambah.
Keseimbangan dalam perekonomian terjadi apabila:
1) Y = C + I, yaitu pendapatan nasional sama dengan konsumsi ditambah investasi.
2) I = S, yaitu investasi sama dengan tabungan.

selanjutnya,"bagaimana dengan kondisi investasi di Indonesia 2011?" 
Pemerintah Indonesia terus membenahi Master plan Percepatan Pembangunan Indonesia. Tujuan agar perekonomian Indonesia dapat sejajar dengan negara-negara maju lainnya. Investasi merupakan hal yang penting dalam percepatan pembangunan Indonesia. Karena itu, pada 2011 ini investasi Indonesia telah mengalami peningkatan yang pesat dibandingkan 2010 lalu.

Tahun ini total investasi Indonesia sekitar Rp130 triliun. Total investasi ini meningkat pesat dibanding 2010. Pada 2010 sebesar Rp70 triliun.

Menkeu juga sempat menyinggung mengenai kebijakan yang akan diberikan pemerintah untuk menarik investasi dari investor, yaitu berupa stimulan bagi investor agar investor terus menanamkan investasinya di Indonesia.
“Kami memberikan stimulan itu bukan dalam bentuk paket perpajakan yang berlebihan. Melainkan tentang kepastian perizinan, kecepatan waktu, tersedianya lahan, tersedianya infrastruktur listrik dan kemudahan transportasi laut. Hal ini yang sering dikeluhkan dunia usaha,” tegasnya.(menkeu) *infobanknews.com

bila investasi di indonesia baik maka ini akan cukup berpengaruh pada pembangunan perekonomian Indonesia di sektor pendapatan nasional,namun akan tetapi perlu diingatkan bahwa selain dapat menambah penghasilan(pendapatan) seseorang, investasi juga membawa risiko keuangan jika investasi tersebut gagal. Kegagalan investasi disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah faktor keamanan (baik dari bencana alam atau diakibatkan faktor manusia), atau ketertiban hukum.

SUMBER :
http://ekonomikelasx.blogspot.com/2009/04/fungsi-investasi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Investasi











 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar